5 Langkah Simpel Memilih Asuransi Kesehatan

5 Langkah Simpel Memilih Asuransi Kesehatan

Kesibukan, stress, dan gaya hidup yang tidak sehat semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya untuk memiliki proteksi asuransi kesehatan. Dengan mengalihkan risiko finansial yang dapat muncul ketika kita sakit, dan harus dirawat, asuransi kesehatan menjadi jalan keluar yang terbaik.Asuransi kesehatan dibutuhkan oleh semua kalangan dari berbagai usia, baik pria dan wanita, muda maupun tua. Pengaturan pola hidup sehat yang baik akan dapat memperkecil risiko sakit, namun penting juga untuk memiliki “bekal” ketika kesehatan terganggu, yaitu dengan memiliki polis asuransi kesehatan yang sesuai. 

  1. Pahami Prioritas Kebutuhan Anda
    Saat ini terdapat beragam jenis, manfaat dan fitur asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan asuransi, termasuk rawat inap, rawat jalan, penyakit kritis, pembedahan dan sebagainya. Untuk itu, Anda harus menentukan terlebih dahulu prioritas dan jenis proteksi kesehatan yang Anda inginkan Semakin spesifik, akan semakin mudah untuk memilih produk asuransi yang tepat. 
  2. Perhitungkan Budget Anda
    Kalkulasi dan lakukan estimasi budget yang dapat Anda sisihkan untuk membayar premi asuransi dan ingat, mahal atau murahnya premi tersebut didasarkan dari prioritas kebutuhan yang telah Anda tentukan sebelumnya. Makin luas cakupan proteksinya, makin tinggi premi yang harus dibayarkan. Selain itu, usia masuk pada saat menjadi peserta asuransi juga memiliki andil untuk nilai besar atau kecilnya premi yang harus dibayarkan, semakin berusia maka premi juga cenderung semakin besar. Sisihkan setidaknya 10 persen dari penghasilan bulanan untuk biaya premi asuransi.
  3. Pilih Produk Sesuai Anggaran dan Kebutuhan 
    Setelah kebutuhan dan budget sudah terencana, selanjutnya adalah cari produk yang tepat. Fokus pada 2 hal tersebut diatas untuk menentukan produk yang sesuai, bandingkan beberapa produk asuransi dengan fitur manfaat yang sama supaya Anda bisa mendapatkan perbandingan akurat.
  4. Pilih Perusahaan Asuransi Yang Tepat
    Sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih produk, perhatikan juga rekam jejak perusahaan asuransi jiwa yang menyediakan produk tersebut, mulai dari kualitas layanan, jangkauan rumah sakit, fasilitas lainnya. Anda dapat mengecek website maupun berita di media massa dan online untuk mengetahui lebih lanjut. 
  5. Cek Polis Secara Detil
    Setelah Anda menentukan produk mana yang akan dibeli, cek detil polis setelah diterima. Pastikan Anda mengetahui manfaat yang diterima, biaya-biaya yang timbul serta informasi lain yang penting. Apabila tidak sesuai, maka Anda dapat melakukan pembatalan polis yang biasanya diberikan jangka waktu 14 (empat belas) hari setelah polis diterima

ARTIKEL LAINNYA